UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS MELALUI PERMAINAN MENGHUBUNGKAN TULISAN SEDERHANA DENGAN SIMBOLNYA (PTK DI TK PRANATAMI KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas anak dalam pembelajaran menulis melalui permainan menghubungkan tulisan sederhana dengan menggunakan simbol tidak berwarna dan simbol berwarna. Penelitian ini dilakukan di TK Pranatami Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Tahun Ajara...

Ausführliche Beschreibung

Gespeichert in:
Bibliographische Detailangaben
1. Verfasser: JANNAH , NURUL
Format: Abschlussarbeit
Sprache:English
English
Veröffentlicht: 2010
Schlagworte:
Online Zugang:https://eprints.ums.ac.id/8713/
Tags: Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
Beschreibung
Zusammenfassung:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas anak dalam pembelajaran menulis melalui permainan menghubungkan tulisan sederhana dengan menggunakan simbol tidak berwarna dan simbol berwarna. Penelitian ini dilakukan di TK Pranatami Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Tahun Ajaran 2009/2010. Subyek penelitian ini adalah TK Pranatami Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, sebanyak 17 siswa. Subyek pelaksana tindakan adalah Guru TK kelas A2 Pranatami Kartasura berkolaborasi dengan kepala sekolah dan peneliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian dilakukan secara diskriptif kualitatif. Analisis diskriptif kualitatif dilaksanakan dengan melalui metode alur yaitu terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a) terdapat peningkatan aktivitas siswa menjawab pertanyaan sebelum penelitian (11,7%), pada putaran I (23,5%), pada putaran II (29,4%), pada putaran III (41,1%). b) aktivitas siswa menghubungkan tulisan dengan simbol yang melambangkanya sebelum penelitian (29,4%), putaran I (41,1%), putaran II (47,0%), putaran III (58,8%). c) aktivitas ketepatan menggunakan alt peraga sebelum penelitian (23,5%), putara I (29,4%), putaran II (41,1%), putaran III (47,0%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyimpulkan pembelajaran melalui permainan menghubungkan tulisan sederhana dengan simbolnya dapat meningkatkan aktivitas anak dalam pembelajaran menulis.