PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MENULIS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBERIAN REWARDS ( PTK di TK Aisyiyah 5 Semanggi Surakarta )

Motivasi belajar menulis anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar menulis anak usia dini adalah melalui pemberian Rewards. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: Islamiyatun , Islamiyatun
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/8712/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Motivasi belajar menulis anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar menulis anak usia dini adalah melalui pemberian Rewards. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar menulis anak usia dini melalui pemberian rewards. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Aisyiyah 5 Semanggi Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, test tertulis dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar menulis anak usia dini melalui pemberian rewards yakni sebelum tindakan 45 %, siklus I mencapai 66,67 %, siklus II mencapai 83,87 %. Pembelajaran menulis juga didukung oleh metode lain yakni pemberian tugas dengan penyampaian materi yang menarik. Metode pemberian tugas dan tanya jawab juga mempunyai peranan yang cukup penting dalam peningkatan motivasi belajar menulis anak karena dapat membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian rewards dapat meningkatkan motivasi belajar menulis anak usia dini.