PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROPORSI WAKTU BELAJAR DAN MINAT BACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi siswa tentang proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar ekonomi; 2) Pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar ekonomi; 3) Pengaruh persepsi siswa tentang proporsi waktu belajar dan minat baca terhadap prestasi belaja...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: LESTARI, SULISTIORINI DWI
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/8708/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi siswa tentang proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar ekonomi; 2) Pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar ekonomi; 3) Pengaruh persepsi siswa tentang proporsi waktu belajar dan minat baca terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 14 Purworejo tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 192 siswa. Sampel diambil sebanyak adalah 48 orang siswa dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 4,363 + 0,545.X1 + 0,616.X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang proporsi waktu belajar dan minat baca. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Persepsi siswa tentang proporsi waktu belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Purworejo tahun pelajaran 2009/2010. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung sebesar 3,093 > ttabel (2,021) dengan p-value = 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi persepsi siswa tentang proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar ekonomi adalah sebesar 26,8%; 2) Minat baca berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Purworejo tahun pelajaran 2009/2010. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung sebesar 4,069 > ttabel (2,021) dengan p-value = 0,001 diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi minat baca terhadap prestasi belajar ekonomi adalah sebesar 37,1%; 3) Persepsi siswa tentang proporsi waktu belajar dan minat baca berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Purworejo Boyolali tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 39,854 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,23 pada taraf signifikansi 5%. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,639 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh persepsi siswa tentang proporsi waktu belajar dan minat baca terhadap prestasi belajar ekonomi siswa adalah sebesar 63,9%, sedangkan 36,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya motivasi belajar, sarana dan prasarana belajar, kualitas pembelajaran, lingkungan belajar, dan sebagainya.