PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP ETOS KERJA GURU MENURUT PERSEPSI GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 BOYOLALI
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap etos kerja guru menurut persepsi guru di SMP Negeri 6 Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 6 Boyol...
Đã lưu trong:
Tác giả chính: | |
---|---|
Định dạng: | Luận văn |
Ngôn ngữ: | English English |
Được phát hành: |
2010
|
Những chủ đề: | |
Truy cập trực tuyến: | https://eprints.ums.ac.id/8643/ |
Các nhãn: |
Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
|
Tóm tắt: | Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap etos kerja guru menurut persepsi guru di SMP Negeri 6 Boyolali.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 6 Boyolali tahun pelajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri 6 Boyolali yang berjumlah 40 guru. Penelitian ini termasuk penelitian populasi, sehingga jumlah subyek penelitian sama dengan jumlah populasi yaitu 40 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan uji keberartian koefisien regresi linier sederhana (uji t).
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh yang positif dari persepsi guru tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap etos kerja guru di SMP Negeri 6 Boyolali. Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa H0 ditolak, karena thitung > ttabel, yaitu 3,474 > 2,024 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Dari hasil analisis diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,241. Arti dari koefisien ini adalah bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah menurut persepsi guru dapat mempengaruhi etos kerja guru sebesar 24,1%, sedangkan sisanya 75,9% dipengaruhi oleh variabel lain.
|
---|