EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI I SUKOHARJO

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses pembelajaran akuntansi melalui strategi pembelajaran snowball drilling. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa melalui strategi pembelajaran snowball drilling. Jenis penelitian ini adalah...

Description complète

Enregistré dans:
Détails bibliographiques
Auteur principal: MUTIAH , LITA
Format: Thèse
Langue:English
English
Publié: 2010
Sujets:
Accès en ligne:https://eprints.ums.ac.id/8629/
Tags: Ajouter un tag
Pas de tags, Soyez le premier à ajouter un tag!
Description
Résumé:Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses pembelajaran akuntansi melalui strategi pembelajaran snowball drilling. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa melalui strategi pembelajaran snowball drilling. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 4 kelas yang terdiri dari 128 siswa. Sampel diambil sebanyak 64 siswa dari kelas IPS III dan IPS IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview (wawancara), dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (normalitas, homogenitas) dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian didapat adanya perbedaan hasil belajar akuntansi antara siswa yang diberi pengajaran menggunakan strategi snowball drilling dengan siswa yang diberi pengajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung = 3,0425 dan ttabel = 2,042, karena thitung > ttabel, berarti bahwa strategi snowball drilling lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga hasil belajar yang dicapai lebih tinggi