PENGARUH KEANDALAN, DAYA TANGGAP DAN PERHATIAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT BANK PASAR BOYOLALI TAHUN 2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari variabel keandalan (reliability) terhadap kepuasan nasabah Pada PD. BPR Bank Pasar Boyolali; 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari variabel daya tanggap (responsiveness) terhadap kepuasan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: YANTI , DAMAR
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8606/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994639007055872
author YANTI , DAMAR
author_facet YANTI , DAMAR
author_sort YANTI , DAMAR
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari variabel keandalan (reliability) terhadap kepuasan nasabah Pada PD. BPR Bank Pasar Boyolali; 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari variabel daya tanggap (responsiveness) terhadap kepuasan nasabah Pada PD. BPR Bank Pasar Boyolali; 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari variabel perhatian (emphaty) terhadap kepuasan nasabah Pada PD. BPR Bank Pasar Boyolali; 4) Untuk mengetahui adanya pengaruh secara bersama-sama antara variabel keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness) dan perhatian (emphaty) terhadap kepuasan nasabah Pada PD. BPR Bank Pasar Boyolali. Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Pada PD. BPR Bank Pasar Boyolali tahun 2010. Sampel diambil sebanyak 50 nasabah PD. BPR Bank Pasar Boyolali tahun 2010. Dalam penelitian ini, menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu aksidental. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket.dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Kehandalan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 2,550 dengan taraf signifikansi 5%; 2) Daya tanggap berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini ditunjukkan oleh thitung sebesar 3,244 taraf signifikansi 5%; 3) Perhatian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini ditunjukkan oleh thitung sebesar 2,826 dengan taraf signifikansi 5%; 4) Kehandalan, daya tanggap dan perhatian secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 23,131 dengan taraf signifikansi 5%; Persamaan regresi: Y = -13,438 + 0,433 X1 + 0,474 X2 + 0,464 X3. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa kehandalan, daya tanggap dan perhatian secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Variabel kehandalan sebesar 27,17% dan sumbangan efektifnya sebesar 16,34%. Untuk variabel daya tanggap mempunyai sumbangan relatif sebesar 38,49% dengan sumbangan efektif sebesar 23,15% dan untuk variabel perhatian mempunyai sumbangan relatif sebesar 34,34% dengan sumbangan efektif sebesar 20,65%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8606
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8606 https://eprints.ums.ac.id/8606/ PENGARUH KEANDALAN, DAYA TANGGAP DAN PERHATIAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT BANK PASAR BOYOLALI TAHUN 2010 YANTI , DAMAR L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari variabel keandalan (reliability) terhadap kepuasan nasabah Pada PD. BPR Bank Pasar Boyolali; 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari variabel daya tanggap (responsiveness) terhadap kepuasan nasabah Pada PD. BPR Bank Pasar Boyolali; 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari variabel perhatian (emphaty) terhadap kepuasan nasabah Pada PD. BPR Bank Pasar Boyolali; 4) Untuk mengetahui adanya pengaruh secara bersama-sama antara variabel keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness) dan perhatian (emphaty) terhadap kepuasan nasabah Pada PD. BPR Bank Pasar Boyolali. Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Pada PD. BPR Bank Pasar Boyolali tahun 2010. Sampel diambil sebanyak 50 nasabah PD. BPR Bank Pasar Boyolali tahun 2010. Dalam penelitian ini, menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu aksidental. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket.dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Kehandalan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 2,550 dengan taraf signifikansi 5%; 2) Daya tanggap berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini ditunjukkan oleh thitung sebesar 3,244 taraf signifikansi 5%; 3) Perhatian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini ditunjukkan oleh thitung sebesar 2,826 dengan taraf signifikansi 5%; 4) Kehandalan, daya tanggap dan perhatian secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 23,131 dengan taraf signifikansi 5%; Persamaan regresi: Y = -13,438 + 0,433 X1 + 0,474 X2 + 0,464 X3. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa kehandalan, daya tanggap dan perhatian secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Variabel kehandalan sebesar 27,17% dan sumbangan efektifnya sebesar 16,34%. Untuk variabel daya tanggap mempunyai sumbangan relatif sebesar 38,49% dengan sumbangan efektif sebesar 23,15% dan untuk variabel perhatian mempunyai sumbangan relatif sebesar 34,34% dengan sumbangan efektif sebesar 20,65%. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8606/1/A210060004.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8606/2/A210060004.pdf YANTI , DAMAR (2010) PENGARUH KEANDALAN, DAYA TANGGAP DAN PERHATIAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT BANK PASAR BOYOLALI TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060004
spellingShingle L Education (General)
YANTI , DAMAR
PENGARUH KEANDALAN, DAYA TANGGAP DAN PERHATIAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT BANK PASAR BOYOLALI TAHUN 2010
title PENGARUH KEANDALAN, DAYA TANGGAP DAN PERHATIAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT BANK PASAR BOYOLALI TAHUN 2010
title_full PENGARUH KEANDALAN, DAYA TANGGAP DAN PERHATIAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT BANK PASAR BOYOLALI TAHUN 2010
title_fullStr PENGARUH KEANDALAN, DAYA TANGGAP DAN PERHATIAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT BANK PASAR BOYOLALI TAHUN 2010
title_full_unstemmed PENGARUH KEANDALAN, DAYA TANGGAP DAN PERHATIAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT BANK PASAR BOYOLALI TAHUN 2010
title_short PENGARUH KEANDALAN, DAYA TANGGAP DAN PERHATIAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT BANK PASAR BOYOLALI TAHUN 2010
title_sort pengaruh keandalan daya tanggap dan perhatian terhadap kepuasan nasabah pada bank perkreditan rakyat bank pasar boyolali tahun 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8606/
work_keys_str_mv AT yantidamar pengaruhkeandalandayatanggapdanperhatianterhadapkepuasannasabahpadabankperkreditanrakyatbankpasarboyolalitahun2010