UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2009/2010 MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DISERTAI PENGGUNAAN MEDIA PADA POKOK BAHASAN GERAK TUMBUHAN
Proses pembelajaran Biologi yang dilakukan sering kali masih dianggap kurang menarik dan siswa masih pasif dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar yang dicapai juga kurang maksimal. Pada penelitian ini akan digunakan metode baru yaitu Pembelajaran Problem Based Instruction yang disertai pe...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English |
出版: |
2010
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/8579/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
_version_ | 1804116532850065408 |
---|---|
author | HASAN, M. NURUL FAUZI |
author_facet | HASAN, M. NURUL FAUZI |
author_sort | HASAN, M. NURUL FAUZI |
collection | ePrints |
description | Proses pembelajaran Biologi yang dilakukan sering kali masih dianggap kurang menarik dan siswa masih pasif dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar yang dicapai juga kurang maksimal. Pada penelitian ini akan digunakan metode baru yaitu Pembelajaran Problem Based Instruction yang disertai penggunaan media. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan metode PBI disertai penggunaan media pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Colomadu Karanganyar tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus, yang tiap siklusnya diakhiri dengan post tes. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 6,47 atau meningkat sebesar 0,31 dari nilai awal dengan standar deviasi (SD) sebesar 1,20; ranah afektif = 13,42 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 7,26 atau meningkat sebesar 0,79 dari siklus I dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,70; ranah afektif = 16,36 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat sebesar 2,94 dari siklus I). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (ranah kognitif = 8,38 atau meningkat sebesar 1,12 dari siklus II dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,66; ranah afektif = 21,64 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 5,28 dari siklus II). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi PBI disertai penggunaan media dapat memperbaiki proses belajar mengajar, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:8579 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:8579 https://eprints.ums.ac.id/8579/ UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2009/2010 MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DISERTAI PENGGUNAAN MEDIA PADA POKOK BAHASAN GERAK TUMBUHAN HASAN, M. NURUL FAUZI L Education (General) Proses pembelajaran Biologi yang dilakukan sering kali masih dianggap kurang menarik dan siswa masih pasif dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar yang dicapai juga kurang maksimal. Pada penelitian ini akan digunakan metode baru yaitu Pembelajaran Problem Based Instruction yang disertai penggunaan media. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan metode PBI disertai penggunaan media pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Colomadu Karanganyar tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus, yang tiap siklusnya diakhiri dengan post tes. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 6,47 atau meningkat sebesar 0,31 dari nilai awal dengan standar deviasi (SD) sebesar 1,20; ranah afektif = 13,42 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 7,26 atau meningkat sebesar 0,79 dari siklus I dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,70; ranah afektif = 16,36 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat sebesar 2,94 dari siklus I). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (ranah kognitif = 8,38 atau meningkat sebesar 1,12 dari siklus II dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,66; ranah afektif = 21,64 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 5,28 dari siklus II). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi PBI disertai penggunaan media dapat memperbaiki proses belajar mengajar, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8579/1/A420060109.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8579/2/A420060109.pdf HASAN, M. NURUL FAUZI (2010) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2009/2010 MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DISERTAI PENGGUNAAN MEDIA PADA POKOK BAHASAN GERAK TUMBUHAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420060109 |
spellingShingle | L Education (General) HASAN, M. NURUL FAUZI UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2009/2010 MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DISERTAI PENGGUNAAN MEDIA PADA POKOK BAHASAN GERAK TUMBUHAN |
title | UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2009/2010 MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DISERTAI PENGGUNAAN MEDIA PADA POKOK BAHASAN GERAK TUMBUHAN |
title_full | UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2009/2010 MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DISERTAI PENGGUNAAN MEDIA PADA POKOK BAHASAN GERAK TUMBUHAN |
title_fullStr | UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2009/2010 MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DISERTAI PENGGUNAAN MEDIA PADA POKOK BAHASAN GERAK TUMBUHAN |
title_full_unstemmed | UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2009/2010 MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DISERTAI PENGGUNAAN MEDIA PADA POKOK BAHASAN GERAK TUMBUHAN |
title_short | UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2009/2010 MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DISERTAI PENGGUNAAN MEDIA PADA POKOK BAHASAN GERAK TUMBUHAN |
title_sort | upaya meningkatkan pembelajaran biologi kelas viii smp negeri 3 colomadu tahun ajaran 2009 2010 melalui pembelajaran problem based instruction pbi disertai penggunaan media pada pokok bahasan gerak tumbuhan |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/8579/ |
work_keys_str_mv | AT hasanmnurulfauzi upayameningkatkanpembelajaranbiologikelasviiismpnegeri3colomadutahunajaran20092010melaluipembelajaranproblembasedinstructionpbidisertaipenggunaanmediapadapokokbahasangeraktumbuhan |