PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) Aktivitas belajar siswa kelas XI IPA SMA Al Islam 3 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI), 2) Hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Al Islam 3 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif t...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: Chasanah, Faidatun Nur
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/8541/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) Aktivitas belajar siswa kelas XI IPA SMA Al Islam 3 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI), 2) Hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Al Islam 3 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari aktivitas dan hasil belajar (aspek kognitif) siswa pada mata pelajaran Biologi. Data dikumpulkan melalui metode observasi, metode tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah : 1) Peningkatan aktivitas siswa untuk membaca materi mencapai 19 siswa (78,26%), aktivitas siswa mendengarkan diskusi mencapai 17 siswa (73,91%), aktivitas siswa memecahkan permasalahan mencapai 16 siswa (70%), aktivitas siswa untuk presentasi mencapai 23 siswa (100%), aktivitas siswa untuk menjawab pertanyaan mencapai 17 siswa (73,91%) dan aktivitas siswa untuk menulis laporan mencapai 23 siswa (100%), 2) Peningkatan hasil belajar siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai  60 mencapai 16 siswa (70%) pada siklus III. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa : 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa.