PEMAKAIAN MAJAS HIPERBOLA DALAM IKLAN MAJALAH ANEKA YESS Edisi Januari - Maret 2010

Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan : 1) Bentuk majas hiperbola pada iklan majalah Aneka Yess edisi Januari-Maret 2010, 2)Diksi pembentuk majas pada iklan majalah Aneka Yess edisi Januari-Maret 2010, 3) Pola kalimat pada iklan majalah Aneka Yess edisi Januari-Maret 2010. Penelitian ini meng...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: Hastutik, Ema Tri
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/8513/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan : 1) Bentuk majas hiperbola pada iklan majalah Aneka Yess edisi Januari-Maret 2010, 2)Diksi pembentuk majas pada iklan majalah Aneka Yess edisi Januari-Maret 2010, 3) Pola kalimat pada iklan majalah Aneka Yess edisi Januari-Maret 2010. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini berupa kata dan kalimat, sumber data dalam penelitian ini diambil dari majalah Aneka yess. Penyediaan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik perluas yaitu menganalisis data dengan cara pelesapan satu kebahasaan yang dianalisis dengan menggunakan satu kebahasaan tertentu dalam majalah aneka yess. Teknik lanjutan yang digunakan adalah teknik dasar pilah unsur penentu dan teknik lanjutan referensial. Dalam menganalisis data menggunakan metode padan dan metode agih. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : a) Majas hiperbola pada iklan di Majalah Aneka Yess mayoritas merupakan majas yang berbentuk perbandingan sesuatu dengan mengganti peristiwa atau tindakan sesungguhnya dengan kata-kata yang lebih hebat penggertianya untuk lebih memperkuat makna. b) Diksi pembentuk majas yang digunakan dalam iklan adalah pemilihan kata umum dan khusus yang bertujuan agar selaras dan tepat untuk mengungkapkan gagasan sehingga menimbulkan efek tertentu yang diinginkan. c) Pola kalimat yang membentuk teks iklan adalah adalah pola sederhana SPO.