IMPLIKATUR PERCAKAPAN DAN DAYA PRAGMATIK PADA IKLAN PRODUK KOSMETIK DI TELEVISI

Tujuan penelitian ini adalah (1) menemukan bentuk tuturan yang mengandung implikatur percakapan pada iklan produk kosmetik di televisi, (2) mendeskripsikan implikatur percakapan yang terjadi pada iklan produk kosmetik di televisi, (3) menemukan daya pragmatik pada implikatur percakapan iklan produk...

Cur síos iomlán

Sábháilte in:
Sonraí bibleagrafaíochta
Príomhchruthaitheoir: RAHMAWATI , DYAH ANISA
Formáid: Tráchtas
Teanga:English
English
Foilsithe / Cruthaithe: 2010
Ábhair:
Rochtain ar líne:https://eprints.ums.ac.id/8460/
Clibeanna: Cuir clib leis
Níl clibeanna ann, Bí ar an gcéad duine le clib a chur leis an taifead seo!
Cur síos
Achoimre:Tujuan penelitian ini adalah (1) menemukan bentuk tuturan yang mengandung implikatur percakapan pada iklan produk kosmetik di televisi, (2) mendeskripsikan implikatur percakapan yang terjadi pada iklan produk kosmetik di televisi, (3) menemukan daya pragmatik pada implikatur percakapan iklan produk kosmetik di televisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif. Teknik penyediaan data dalam penelitian ini adalah teknik sadap, teknik simak bebas libat cakap, catat, dan teknik rekam. Data penelitian mencakup semua percakapan yang terjadi pada iklan produk kosmetik di televisi yang mengandung implikatur percakapan dan daya pragmatik. Teknik analisis data menggunakan metode padan intralingual untuk menganalisis implikatur dan daya pragmatik pada iklan produk kosmetik di televisi dan metode padan ekstralingual untuk menganalisis maksud atau tujuan yang terkandung dalam implikatur dan daya pragmatik pada iklan produk kosmetik di televisi . Penyajian hasil data disajikan dengan metode informal. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan beberapa hal: (1) ditemukan dua bentuk implikatur percakapan, yang pertama implikatur percakapan bentuk direktif ada enam dan yang kedua adalah implikatur percakapan deklaratif menginformasikan atau memberitahukan ada enam data. (2) Implikatur percakapan yang terjadi ada dua jenis yakni menurut tekniknya, yakni teknik tersurat ada 11 data, dan teknik tersirat ada 1 data, dan berdasarkan strateginya, strategi langsung ada 6 data, dan strategi taklangsung ada 6 data. (3) Daya pragmatik pada implikatur percakapan iklan produk kosmetik semuanya mengarah pada pengaruh menggoda pembeli/konsumen untuk membeli serta menggunakan produk kosmetik yang ditawarkan pengiklan.