PENGGUNAAN DIKSI DAN CAMPUR KODE PADA WACANA IKLAN DALAM MAJALAH WANITA EDISI JANUARI 2010

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penggunaan diksi pada wacana iklan di majalah wanita edisi Januri 2010, (2) mendeskripsikan penggunaan wujud campur kode pada wacana iklan di majalah wanita edisi Januari 2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersi...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: SELVYANA , AGUSTINA
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/8459/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penggunaan diksi pada wacana iklan di majalah wanita edisi Januri 2010, (2) mendeskripsikan penggunaan wujud campur kode pada wacana iklan di majalah wanita edisi Januari 2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif. Teknik penyediaan data dalam penelitian ini adalah teknik simak karena cara yang digunakan untuk memperoleh data dilakukan dengan menyimak penggunaan bahasa. Istilah menyimak tidak hanya berkaitan dengan penggunaan bahasa secara lisan, tetapi juga penggunaan bahasa secara tertulis. Data penelitian mencakup semua wacana iklan yang terdapat pada majalah wanita edisi Januari 2010 yang mengandung penggunaan diksi dan campur kode. Teknik analisis data menggunakan metode padan intralingual untuk menganalisis diksi dan cmpur kode pada wacana iklan di majalah wanita edisi Januari 2010 dan metode padan ekstralingual untuk menganalisis maksud atau tujuan yang terkandung dalam diksi dan campur kode pada wacana iklan di majalah wanita edisi Januari 2010. Penyajian hasil data disajikan dengan metode informal. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan beberapa hal: 1) Bentuk pemakaian diksi terdiri dari: (a) pemakaian kata tutur, (b) pemakaian kata yang mengandung indria peraba, penglihatan, dan penciuman, (c) pemenggalan konsonan /s/ dan /h/, (d) penaggalan afiks yang berupa penaggalan suku kata {men-}, {me-}, {meng-}, {-i}, {meny-}, dan {e} pemakaian istilah asing, 2) Wujud campur kode pada iklan di majalah wanita edisi Januari 2010 berupa : (a) Pemakaian kata dari bahasa Inggris, digunakan karena kata itu memang dibutuhkan dalam pemakaiannya, untuk menambah daya tarik sebuah iklan sehingga pembaca dapat terpengaruh, (b) pemakaian kata dari dialeka Jakarta, hal ini dipakai karena pembaca yang cenderung sudah mengenal bahasa dialek Jakarta, bagi pengiklan sengaja ditampilkan dan disesuaikan dengan apa yang terjadi, tetapi tetap menjalin keakraban dan kekomunikafan antar pengiklan dan pembaca.