PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING DAN THINK-PAIR-SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Penelitian Eksperimen di Kelas VII MTs Negeri Susukan Tahun Ajaran 2010 )

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menganalisis dan menguji pengaruh strategi scaffolding dan Think-Pair-Share terhadap prestasi belajar matematika pada kompetensi dasar persegi panjang dan persegi, 2) Untuk menganalisis dan menguji pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matema...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: SARI , LINDA KARTIKA
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/8410/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menganalisis dan menguji pengaruh strategi scaffolding dan Think-Pair-Share terhadap prestasi belajar matematika pada kompetensi dasar persegi panjang dan persegi, 2) Untuk menganalisis dan menguji pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada kompetensi dasar persegi panjang dan persegi, 3) Untuk menganalisis dan menguji interaksi antara strategi pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada kompeetensi dasar persegi panjang dan persegi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester II MTs Negeri Susukan tahun ajaran 2010. Sampel digunakan dan diambil dengan cara cluster random sampling dengan cara undian dan hasil dari teknik ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen VII C sebagai kelas kontrol dan kelas VII A sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian pada  = 5 % menunjukkan bahwa : 1) Fhitung = 45,662  Ftabel = 4,000 sehingga terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika. 2) Fhitung = 4,678  Ftabel = 3,150 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan aktivitas belajar tinggi, sedang, maupun rendah terhadap prestasi belajar matematika. 3) Fhitung = 0,252  Ftabel = 3,150 sehingga tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.