PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA (PTK PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 SMP NEGERI 3 KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010)

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 3 Kartasura Tahun ajaran...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: MIRANTI, SUCI AMIN
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/8409/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 3 Kartasura Tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode alur. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari: 1) kreativitas siswa mengemukakan ide untuk memecahkan masalah sebelum tindakan sebesar 8,82 % setelah tindakan meningkat menjadi 55,88 %, 2) kreativitas siswa menyelesaikan soal-soal dengan berbagai cara sebelum tindakan sebesar 11,76 % setelah tindakan meningkat menjadi 61,76 %, 3) kreativitas siswa menjawab pertanyaan guru dari gagasan aslinya sebelum tindakan sebesar 5,88 % setelah tindakan meningkat menjadi 64,71 %, 4) kreativitas siswa dalam melakukan hal-hal secara terperinci sebelum tindakan sebesar 8,82 % setelah tindakan meningkat menjadi 52,94 %, 5) kreativitas siswa memberikan tanggapan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan sebesar 5,88 % setelah tindakan meningkat menjadi 50 %. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika.