IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED RE INVENTION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME LIMAS DAN PRISMA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII A Semester II SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010)

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa 2) Meningkatkan pemahaman konsep luas permukaan serta volume limas dan prisma melalui model pembelajaran guided re invention. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kela...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: KUSNANI , ANIK
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
出版事項: 2010
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/8398/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa 2) Meningkatkan pemahaman konsep luas permukaan serta volume limas dan prisma melalui model pembelajaran guided re invention. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Surakarta yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode pokok (observasi dan tes) dan metode bantu (catatan lapangan dan dokumentasi ). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dan pemahaman konsep luas permukaan serta volume limas dan prisma melalui model pembelajaran guided re invention. Adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari indikator a) Siswa mengemukakan ide / pendapat sebelum diadakan tindakan sampai akhir tindakan yaitu dari 22,2 % meningkat menjadi 66, 7 %, b) Mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan sampai akhir tindakan yaitu dari 11,1 % meningkat menjadi 58,8 % dan c) Mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru sebelum diadakan tindakan sampai akhir tindakan yaitu dari 36,1 % meningkat menjadi 91,7 %. Adanya peningkatan pemahaman konsep luas permukaan serta volume limas dan prisma melalui model pembelajaran guided re invention dapat dilihat dari indikator siswa mendapatkan nilai tes > 60 sebelum diadakan tindakan sampai akhir tindakan yaitu dari 52,8 % meningkat menjadi 88, 9 %. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran guided re invention dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan pemahaman konsep luas permukaan serta volume limas dan prisma.