PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STARTEGI RECIPROCAL TEACHING DENGAN TUGAS TERSTRUKTUR (PTK pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Trucuk)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep segi empat melalui strategi pembelajaran reciprocal teaching dengan tugas terstruktur pada siswa. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah si...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: WAIDAH , YULI
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/8371/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep segi empat melalui strategi pembelajaran reciprocal teaching dengan tugas terstruktur pada siswa. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Trucuk yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur meliputi proses analisis data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pemahaman konsep segi empat melalui strategi pembelajaran reciprocal teaching denga tugas terstruktur. Hal ini dapat dilihat dari 1) siswa yang dapat menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal di papan tulis secara tepat sebelum tindakan terdapat 8 siswa (21,05%), pada putaran I sebanyak 11 siswa (28,9%), pada putaran II meningkat menjadi 18 siswa (47,4a%), dan pada putaran III meningkat lagi menjadi 24 siswa (63,16%), 2) siswa yang dapat memberikan tanggapan tentang jawaban peserta didik lain sebelum tindakan terdapat 8 siswa (21,05%), pada putaran I sebanyak 14 siswa (36,8%), pada putaran II meningkat menjadi 17 siswa (44,7%), dan putaran III meningkat lagi menjadi 23 siswa (60,5%), 3) siswa yang mampu membuat kesimpulan yang meliputi mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep dan memberikan contoh dan non contoh dari konsep sebelum tindakan tidak ada siswa yang mampu, pada putaran I sebanyak 4 siswa (10,5%), pada putaran II mengalami peningkatan menjadi 7 siswa (18,4%), dan pada putaran III meningkat lagi menjadi 10 siswa (26,3%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran reciprocal teaching dengan tugas terstruktur dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep segi empat pada siswa.