UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS MELALUI PENDEKATAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATISFACTION (ARIAS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri Jenggrik 4, Kedawung, Sragen)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas IV SD yang meliputi aspek menjawab pertanyaan dari guru, bertanya kepada guru atau mengemukakan pendapat, dan siswa yang mengerjakan soal latihan di depan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kel...

Ամբողջական նկարագրություն

Պահպանված է:
Մատենագիտական մանրամասներ
Հիմնական հեղինակ: SEPTILOWATI , EKO FITRI
Ձևաչափ: Թեզիս
Լեզու:English
English
Հրապարակվել է: 2010
Խորագրեր:
Առցանց հասանելիություն:https://eprints.ums.ac.id/8316/
Ցուցիչներ: Ավելացրեք ցուցիչ
Չկան պիտակներ, Եղեք առաջինը, ով նշում է այս գրառումը!
_version_ 1804116526960214016
author SEPTILOWATI , EKO FITRI
author_facet SEPTILOWATI , EKO FITRI
author_sort SEPTILOWATI , EKO FITRI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas IV SD yang meliputi aspek menjawab pertanyaan dari guru, bertanya kepada guru atau mengemukakan pendapat, dan siswa yang mengerjakan soal latihan di depan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subyek yang menerima tindakan siswa kelas IV SD Negeri Jenggrik 4 yang berjumlah 17 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, test dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan kreativitas yang terdiri dari tiga aspek: 1) Siswa yang menjawab pertanyaan guru sebelum tindakan 11.76% dan setelah tindakan menjadi 52.94%, 2) Siswa yang bertanya atau mengemukakan pendapat sebelum tindakan 29.41% dan setelah tindakan menjadi 70.59%, 3) Siswa yang mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 11.76% dan setelah tindakan menjadi 52.94%. Selain itu prestasi belajar sendiri juga mengalami peningkatan sebelum tindakan 29.41% dan setelah tindakan menjadi 70.59%. Dengan adanya peningkatan dari ketiga aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan Satisfaction dapat meningkatkan kreativitas belajar belajar matematika siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8316
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8316 https://eprints.ums.ac.id/8316/ UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS MELALUI PENDEKATAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATISFACTION (ARIAS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri Jenggrik 4, Kedawung, Sragen) SEPTILOWATI , EKO FITRI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas IV SD yang meliputi aspek menjawab pertanyaan dari guru, bertanya kepada guru atau mengemukakan pendapat, dan siswa yang mengerjakan soal latihan di depan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subyek yang menerima tindakan siswa kelas IV SD Negeri Jenggrik 4 yang berjumlah 17 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, test dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan kreativitas yang terdiri dari tiga aspek: 1) Siswa yang menjawab pertanyaan guru sebelum tindakan 11.76% dan setelah tindakan menjadi 52.94%, 2) Siswa yang bertanya atau mengemukakan pendapat sebelum tindakan 29.41% dan setelah tindakan menjadi 70.59%, 3) Siswa yang mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 11.76% dan setelah tindakan menjadi 52.94%. Selain itu prestasi belajar sendiri juga mengalami peningkatan sebelum tindakan 29.41% dan setelah tindakan menjadi 70.59%. Dengan adanya peningkatan dari ketiga aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan Satisfaction dapat meningkatkan kreativitas belajar belajar matematika siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8316/1/A410050169.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8316/2/A410050169.pdf SEPTILOWATI , EKO FITRI (2010) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS MELALUI PENDEKATAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATISFACTION (ARIAS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri Jenggrik 4, Kedawung, Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410050169
spellingShingle L Education (General)
SEPTILOWATI , EKO FITRI
UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS MELALUI PENDEKATAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATISFACTION (ARIAS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri Jenggrik 4, Kedawung, Sragen)
title UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS MELALUI PENDEKATAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATISFACTION (ARIAS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri Jenggrik 4, Kedawung, Sragen)
title_full UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS MELALUI PENDEKATAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATISFACTION (ARIAS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri Jenggrik 4, Kedawung, Sragen)
title_fullStr UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS MELALUI PENDEKATAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATISFACTION (ARIAS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri Jenggrik 4, Kedawung, Sragen)
title_full_unstemmed UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS MELALUI PENDEKATAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATISFACTION (ARIAS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri Jenggrik 4, Kedawung, Sragen)
title_short UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS MELALUI PENDEKATAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATISFACTION (ARIAS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri Jenggrik 4, Kedawung, Sragen)
title_sort upaya meningkatkan kreativitas belajar matematika di kelas melalui pendekatan assurance relevance interest assessment dan satisfaction arias dalam pembelajaran matematika ptk pembelajaran matematika di kelas iv sd negeri jenggrik 4 kedawung sragen
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8316/
work_keys_str_mv AT septilowatiekofitri upayameningkatkankreativitasbelajarmatematikadikelasmelaluipendekatanassurancerelevanceinterestassessmentdansatisfactionariasdalampembelajaranmatematikaptkpembelajaranmatematikadikelasivsdnegerijenggrik4kedawungsragen