UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS MELALUI PENDEKATAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATISFACTION (ARIAS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri Jenggrik 4, Kedawung, Sragen)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas IV SD yang meliputi aspek menjawab pertanyaan dari guru, bertanya kepada guru atau mengemukakan pendapat, dan siswa yang mengerjakan soal latihan di depan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kel...

Szczegółowa specyfikacja

Zapisane w:
Opis bibliograficzny
1. autor: SEPTILOWATI , EKO FITRI
Format: Praca dyplomowa
Język:English
English
Wydane: 2010
Hasła przedmiotowe:
Dostęp online:https://eprints.ums.ac.id/8316/
Etykiety: Dodaj etykietę
Nie ma etykietki, Dołącz pierwszą etykiete!
Opis
Streszczenie:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas IV SD yang meliputi aspek menjawab pertanyaan dari guru, bertanya kepada guru atau mengemukakan pendapat, dan siswa yang mengerjakan soal latihan di depan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subyek yang menerima tindakan siswa kelas IV SD Negeri Jenggrik 4 yang berjumlah 17 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, test dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan kreativitas yang terdiri dari tiga aspek: 1) Siswa yang menjawab pertanyaan guru sebelum tindakan 11.76% dan setelah tindakan menjadi 52.94%, 2) Siswa yang bertanya atau mengemukakan pendapat sebelum tindakan 29.41% dan setelah tindakan menjadi 70.59%, 3) Siswa yang mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 11.76% dan setelah tindakan menjadi 52.94%. Selain itu prestasi belajar sendiri juga mengalami peningkatan sebelum tindakan 29.41% dan setelah tindakan menjadi 70.59%. Dengan adanya peningkatan dari ketiga aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan Satisfaction dapat meningkatkan kreativitas belajar belajar matematika siswa.