UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (think, pair, share) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN KEPADATAN POPULASI MANUSIA HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009

TPS (Think, Pair, Share) adalah model pembelajaran yang menuntut setiap siswa untuk memahami suatu materi pelajaran atau konsep, melalui proses berfikir dan berbagi dengan temannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar biologi dengan pembelajaran kooperatif...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: MUSTHOFA, ZAINAL
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2009
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/8196/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:TPS (Think, Pair, Share) adalah model pembelajaran yang menuntut setiap siswa untuk memahami suatu materi pelajaran atau konsep, melalui proses berfikir dan berbagi dengan temannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar biologi dengan pembelajaran kooperatif model TPS (Think, Pair, Share) pada siswa kelas VII-B semester II SMP Muhammadiyah 1 Klaten tahun ajaran 2008/2009. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskusi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan, test dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini adalah metode alur yang dilalui dalam analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I {ranah kognitif: 6,34 atau meningkat sebesar 0,61 dari nilai awal,ranah afektif: 23,95 (termasuk kategori kurang berminat)}. Rata-rata hasil belajar pada siklus II {ranah kognitif:8,47 atau meningkat sebesar 2,13 dari siklus I, ranah afektif 45,34 (termasuk kateri berminat) atau meningkat sebesar 21,39 dari saiklus I } Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think, Pair, Share) pada materi pokok kepadatan populasi manusia hubunganya dengan lingkungan dan dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII-B semester II SMP Muhammadiyah 1 Klaten tahun ajaran 2008/2009