UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (think, pair, share) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN KEPADATAN POPULASI MANUSIA HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009

TPS (Think, Pair, Share) adalah model pembelajaran yang menuntut setiap siswa untuk memahami suatu materi pelajaran atau konsep, melalui proses berfikir dan berbagi dengan temannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar biologi dengan pembelajaran kooperatif...

Volledige beschrijving

Bewaard in:
Bibliografische gegevens
Hoofdauteur: MUSTHOFA, ZAINAL
Formaat: Thesis
Taal:English
English
Gepubliceerd in: 2009
Onderwerpen:
Online toegang:https://eprints.ums.ac.id/8196/
Tags: Voeg label toe
Geen labels, Wees de eerste die dit record labelt!
Omschrijving
Samenvatting:TPS (Think, Pair, Share) adalah model pembelajaran yang menuntut setiap siswa untuk memahami suatu materi pelajaran atau konsep, melalui proses berfikir dan berbagi dengan temannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar biologi dengan pembelajaran kooperatif model TPS (Think, Pair, Share) pada siswa kelas VII-B semester II SMP Muhammadiyah 1 Klaten tahun ajaran 2008/2009. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskusi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan, test dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini adalah metode alur yang dilalui dalam analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I {ranah kognitif: 6,34 atau meningkat sebesar 0,61 dari nilai awal,ranah afektif: 23,95 (termasuk kategori kurang berminat)}. Rata-rata hasil belajar pada siklus II {ranah kognitif:8,47 atau meningkat sebesar 2,13 dari siklus I, ranah afektif 45,34 (termasuk kateri berminat) atau meningkat sebesar 21,39 dari saiklus I } Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think, Pair, Share) pada materi pokok kepadatan populasi manusia hubunganya dengan lingkungan dan dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII-B semester II SMP Muhammadiyah 1 Klaten tahun ajaran 2008/2009