UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT- CREATED STUDIES DENGAN MEMANFAATKAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII E Semester II SMP Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2009/2010)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran student-created studies dengan memanfaatkan alat peraga. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah...

Бүрэн тодорхойлолт

-д хадгалсан:
Номзүйн дэлгэрэнгүй
Үндсэн зохиолч: UTAMI , TRI
Формат: Дипломын ажил
Хэл сонгох:English
English
Хэвлэсэн: 2010
Нөхцлүүд:
Онлайн хандалт:https://eprints.ums.ac.id/8167/
Шошгууд: Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
_version_ 1804994622077796352
author UTAMI , TRI
author_facet UTAMI , TRI
author_sort UTAMI , TRI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran student-created studies dengan memanfaatkan alat peraga. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Ngemplak yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran student-created studies dengan memanfaatkan alat peraga. Hal ini dapat dilihat dari 1) Partisipasi siswa dalam kegiatan kelompok sebelum diadakan tindakan sebesar 14,7 %, setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 61,67 %, 2) Menjawab pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 11,8 %, setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 52,94 %, 3) Mengemukakan pendapat sebelum diadakan tindakan sebesar 14,7 %, setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 55,88 %, 4) Ketuntasan KKM sebelum diadakan tindakan sebesar 17,6 %, setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 85,94 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student-Created Studies dengan memanfaatkan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8167
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8167 https://eprints.ums.ac.id/8167/ UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT- CREATED STUDIES DENGAN MEMANFAATKAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII E Semester II SMP Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2009/2010) UTAMI , TRI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran student-created studies dengan memanfaatkan alat peraga. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Ngemplak yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran student-created studies dengan memanfaatkan alat peraga. Hal ini dapat dilihat dari 1) Partisipasi siswa dalam kegiatan kelompok sebelum diadakan tindakan sebesar 14,7 %, setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 61,67 %, 2) Menjawab pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 11,8 %, setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 52,94 %, 3) Mengemukakan pendapat sebelum diadakan tindakan sebesar 14,7 %, setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 55,88 %, 4) Ketuntasan KKM sebelum diadakan tindakan sebesar 17,6 %, setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 85,94 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student-Created Studies dengan memanfaatkan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8167/1/A410060044.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8167/2/A410060044.PDF UTAMI , TRI (2010) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT- CREATED STUDIES DENGAN MEMANFAATKAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII E Semester II SMP Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410060044
spellingShingle L Education (General)
UTAMI , TRI
UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT- CREATED STUDIES DENGAN MEMANFAATKAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII E Semester II SMP Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2009/2010)
title UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT- CREATED STUDIES DENGAN MEMANFAATKAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII E Semester II SMP Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2009/2010)
title_full UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT- CREATED STUDIES DENGAN MEMANFAATKAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII E Semester II SMP Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2009/2010)
title_fullStr UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT- CREATED STUDIES DENGAN MEMANFAATKAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII E Semester II SMP Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2009/2010)
title_full_unstemmed UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT- CREATED STUDIES DENGAN MEMANFAATKAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII E Semester II SMP Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2009/2010)
title_short UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT- CREATED STUDIES DENGAN MEMANFAATKAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII E Semester II SMP Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2009/2010)
title_sort upaya peningkatan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran student created studies dengan memanfaatkan alat peraga pada pembelajaran matematika ptk pembelajaran matematika siswa kelas viii e semester ii smp negeri 1 ngemplak tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8167/
work_keys_str_mv AT utamitri upayapeningkatanmotivasibelajarsiswamelaluimodelpembelajaranstudentcreatedstudiesdenganmemanfaatkanalatperagapadapembelajaranmatematikaptkpembelajaranmatematikasiswakelasviiiesemesteriismpnegeri1ngemplaktahunajaran20092010