UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI SEKOLAH DASAR NEGERI 02 PAPAHAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

SYUHRI ROATIN. NIM : A510070518 UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI SEKOLAH DASAR NEGERI 02 PAPAHAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 02 Papahan dalam mengikuti pembela...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: ROATIN , SYUHRI
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/7356/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:SYUHRI ROATIN. NIM : A510070518 UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI SEKOLAH DASAR NEGERI 02 PAPAHAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 02 Papahan dalam mengikuti pembelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw, dan (2) Meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN 02 Papahan melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Papahan yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Sumber data penelitian adalah guru serta siswa kelas V SD Negeri 02 Papahan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif . Hasil analisis datanya adalah: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 02 Papahan tahun pelajaran 2009/2010 yang ditunjukkan dengan siswa dapat mengikuti proses pembelajaran lebih bergairah dan bersemangat, timbulnya keberanian siswa dalam menyampaikan ide atau pikiran, tumbuhnya rasa percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapatnya, meningkatnya rasa tanggungjawab siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan sangat kurang sekali siswa yang berkeliaran dan maupun mengganggu teman. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan keaktifan siswa yang mula-mula pada siklus I siswa yang aktif sebesar 34,2 %. Pada siklus II sebesar 49,1 % ( mengalami peningkatan sebesar 14,9 %). Pada siklus III aktivitas siswa sebesar 62,0 % (mengalami peningkatan sebesar 12,9 %). ( 2 ) Penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 02 Papahan tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini terbukti dari peningkatan pemahaman siswa terhadap pelajaran IPS yang semula hanya 43,6 % siswa yang tuntas, pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 15,3 %, sehingga siswa yang tuntas ada 58,9%. Pada siklus II prestasi siswa juga mengalami peningkatan sebesar 20,6 %, sehingga siswa yang tuntas sebanyak 79,5 %. Prestasi siswa pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 15,3 %, jadi siswa yang tuntas sebesar 94,8 % .