PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG STRATEGI BELAJAR GROUP RESUME DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG STRATEGI BELAJAR GROUP RESUME DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 Nita Mujayanti, A210060183, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: MUJAYANTI , NITA
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/7348/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG STRATEGI BELAJAR GROUP RESUME DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 Nita Mujayanti, A210060183, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang strategi belajar group resume terhadap hasil belajar ekonomi. 2) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi. 3) Untuk mengetahui pengaruh strategi belajar group resume dan minat siswa terhadap hasil belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 110 siswa. Sampel diambil sebanyak 52 siswa dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Persepsi siswa tentang strategi belajar Group Resume berpengaruh tarhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,306 > 2,010 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,025. 2) Ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,623 > 2,010 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh persepsi siswa tentang strategi belajar group resume dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 14,911 > 3,187 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Persamaan regresi: Y= 59,201 + 0,273X1 + 0,313X2. Variabel persepsi siswa tentang strategi belajar group resume memberikan sumbangan relatif sebesar 22,6% dan sumbangan efektif 8,5%. Variabel minat belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 77,4% dan sumbangan efektif 29,3%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel minat belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap hasil belajar ekonomi dibandingkan variabel persepsi siswa tentang strategi belajar group resume.