ANALISA PENUTUPAN PINTU PERLINTASAN KERETA API TERHADAP TUNDAAN, NILAI WAKTU, DAN PANJANG ANTRIAN KENDARAAN (Studi Kasus Perlintasan Purwosari Surakarta)

Perlintasan merupakan titik tempat konflik terjadi antara moda transportasi. Pertemuan antara dua jenis prasarana transportasi yang berbeda seperti jalan raya dan jalan rel juga merupakan bentuk pertemuan yang menimbulkan masalah. Hal ini mengakibatkan terjadinya tundaan dan antrian pada saat...

Cur síos iomlán

Sábháilte in:
Sonraí bibleagrafaíochta
Príomhchruthaitheoir: WULANDHANI , SUZANA
Formáid: Tráchtas
Teanga:English
English
Foilsithe / Cruthaithe: 2006
Ábhair:
Rochtain ar líne:https://eprints.ums.ac.id/7282/
Clibeanna: Cuir clib leis
Níl clibeanna ann, Bí ar an gcéad duine le clib a chur leis an taifead seo!
Cur síos
Achoimre:Perlintasan merupakan titik tempat konflik terjadi antara moda transportasi. Pertemuan antara dua jenis prasarana transportasi yang berbeda seperti jalan raya dan jalan rel juga merupakan bentuk pertemuan yang menimbulkan masalah. Hal ini mengakibatkan terjadinya tundaan dan antrian pada saat yang bersamaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui lama tundaan dan panjang antrian yang terjadi akibat variasi lama penutupan pintu perlintasan kereta api, menganalisa tundaan dan panjang antrian kendaraan pada masing-masing lajur akibat pengaruh lama penutupan pintu perlintasan kereta api, dan menghitung besarnya nilai waktu yang hilang dalam bentuk Rupiah. Penelitian ini berlokasi di Perlintasan 99 Purwosari Jalan Slamet Riyadi Surakarta. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Proses analisa yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan lima model regresi yang kemudian dilanjutkan dengan pengujian model. Berdasarkan analisa data dapat disimpulkan bahwa lama penutupan pintu perlintasan kereta api berpengaruh signifikan secara statistik terhadap tundaan dan panjang antrian kendaraan dengan range lama penutupan pintu perlintasan kereta api per hari antara 124,89 sampai 147,16 detik, range tundaan antara 210,26 sampai 291,89 detik, dan range panjang antrian kendaraan antara 119,11 sampai 156,05 meter. Besarnya kontribusi lama penutupan pintu perlintasan kereta api terhadap tundaan adalah antara 73,72% sampai 76,83%. Besarnya kontribusi lama penutupan pintu perlintasan kereta api terhadap panjang antrian adalah antara 51,02% sampai 57,47%. Dengan adanya penutupan pintu perlintasan kereta api, maka besarnya nilai waktu yang hilang untuk setiap dua orang pada waktu antri di perlintasan kereta api dari arah barat sebesar Rp 115,82 per menit dan dari arah timur sebesar Rp 85 per menit.