PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 3 Wonogiri)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa melalui metode learning start with a question. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 3 Wonogi...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: ESTRI , RISMAWATI RATNA
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/7245/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa melalui metode learning start with a question. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 3 Wonogiri yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) adanya peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari a) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 12,5% dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 62,5%, b) keaktifan siswa dalam mengemukakan ide sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 9,3% dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 65,6%, c) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diajukan sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 15,6% dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 76,13%, d) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal ke depan kelas sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 12,5% dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 56,25%, serta 2) terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa yang memperoleh nilai ≥ 60 sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 43,75% dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 90,63%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode learning start with a question dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.