PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI RECONNECTING (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII-C SMP Negeri 6 Surakarta )

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi reconnecting(menghubungkan kembali) dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan di SMP Negeri 6 Surakarta. Sebagai subjek penerima...

Olles dieđut

Furkejuvvon:
Bibliográfalaš dieđut
Váldodahkki: SURYANI , DWI
Materiálatiipa: Oahppočájánas
Giella:English
English
Almmustuhtton: 2010
Fáttát:
Liŋkkat:https://eprints.ums.ac.id/7234/
Fáddágilkorat: Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
Govvádus
Čoahkkáigeassu:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi reconnecting(menghubungkan kembali) dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan di SMP Negeri 6 Surakarta. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII-C yang berjumlah 35 siswa dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII-C. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) ada peningkatan keaktifan siswa melalui strategi reconnecting(menghubungkan kembali). Hal ini dilihat dari aspek a). Aktif menanyakan materi yang belum jelas kepada guru dari sebelum tindakan 8,57% meningkat menjadi 60,00% pada akhir tindakan; b). Mengemukakan pendapat/tanggapan saat proses belajar mengajar dari sebelum tindakan 11,43% meningkat menjadi 57,14% pada akhir tindakan; c). Menjawab pertanyaan guru/mengerjakan soal-soal latihan ke depan kelas dari sebelum tindakan 8,57% meningkat menjadi 71,43% setelah tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi reconnecting(menghubungkan kembali) dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran matematika pada pokok bahasan Garis dan Sudut