PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK pada Siswa Kelas VII Semester I SMP Negeri 1 Karangmalang, Sragen)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan respon siswa yang mau bertanya, mengeluarkan ide atau gagasan, mengerjakan PR, mengerjakan soal-soal latihan, maju ke depan melalui strategi metakognitif dan untuk mengetahui peningkatan respon belajar siswa melalui strategi metakognitif pada siswa...

Cur síos iomlán

Sábháilte in:
Sonraí bibleagrafaíochta
Príomhchruthaitheoir: SUKARDI , HANDAYANI
Formáid: Tráchtas
Teanga:English
English
Foilsithe / Cruthaithe: 2010
Ábhair:
Rochtain ar líne:https://eprints.ums.ac.id/7184/
Clibeanna: Cuir clib leis
Níl clibeanna ann, Bí ar an gcéad duine le clib a chur leis an taifead seo!
_version_ 1804994605343571968
author SUKARDI , HANDAYANI
author_facet SUKARDI , HANDAYANI
author_sort SUKARDI , HANDAYANI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan respon siswa yang mau bertanya, mengeluarkan ide atau gagasan, mengerjakan PR, mengerjakan soal-soal latihan, maju ke depan melalui strategi metakognitif dan untuk mengetahui peningkatan respon belajar siswa melalui strategi metakognitif pada siswa kelas VII semester I SMP. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 01 Karangmalang yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan respon siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bilangan bulat. Hal ini dapat dilihat dari : 1) kemampuan siswa mengerjakan soal matematika ke depan sebelum diadakan tindakan 12, 5 % dan sesudah tindakan 47, 5 %, 2) siswa memberikan tanggapan sebelum adanya tindakan 10 % dan sesudah tindakan 32, 5 %, 3) kemampuan siswa dalam mengajukan ide/gagasan sebelum tindakan 7, 5 % dan sesudah tindakan 52, 5 %. 4) kemauan siswa dalam mengerjakan PR sebelum tindakan 10 % dan sesudah tindakan 40 %. 5) kemauan siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan sebelum tindakan 17, 5 % dan sesudah tindakan 70 %. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan Strategi Metakognitif dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan respon belajar matematika siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:7184
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:7184 https://eprints.ums.ac.id/7184/ PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK pada Siswa Kelas VII Semester I SMP Negeri 1 Karangmalang, Sragen) SUKARDI , HANDAYANI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan respon siswa yang mau bertanya, mengeluarkan ide atau gagasan, mengerjakan PR, mengerjakan soal-soal latihan, maju ke depan melalui strategi metakognitif dan untuk mengetahui peningkatan respon belajar siswa melalui strategi metakognitif pada siswa kelas VII semester I SMP. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 01 Karangmalang yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan respon siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bilangan bulat. Hal ini dapat dilihat dari : 1) kemampuan siswa mengerjakan soal matematika ke depan sebelum diadakan tindakan 12, 5 % dan sesudah tindakan 47, 5 %, 2) siswa memberikan tanggapan sebelum adanya tindakan 10 % dan sesudah tindakan 32, 5 %, 3) kemampuan siswa dalam mengajukan ide/gagasan sebelum tindakan 7, 5 % dan sesudah tindakan 52, 5 %. 4) kemauan siswa dalam mengerjakan PR sebelum tindakan 10 % dan sesudah tindakan 40 %. 5) kemauan siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan sebelum tindakan 17, 5 % dan sesudah tindakan 70 %. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan Strategi Metakognitif dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan respon belajar matematika siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7184/1/A410040034.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7184/2/A410040034.PDF SUKARDI , HANDAYANI (2010) PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK pada Siswa Kelas VII Semester I SMP Negeri 1 Karangmalang, Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410040034
spellingShingle L Education (General)
SUKARDI , HANDAYANI
PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK pada Siswa Kelas VII Semester I SMP Negeri 1 Karangmalang, Sragen)
title PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK pada Siswa Kelas VII Semester I SMP Negeri 1 Karangmalang, Sragen)
title_full PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK pada Siswa Kelas VII Semester I SMP Negeri 1 Karangmalang, Sragen)
title_fullStr PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK pada Siswa Kelas VII Semester I SMP Negeri 1 Karangmalang, Sragen)
title_full_unstemmed PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK pada Siswa Kelas VII Semester I SMP Negeri 1 Karangmalang, Sragen)
title_short PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK pada Siswa Kelas VII Semester I SMP Negeri 1 Karangmalang, Sragen)
title_sort pembelajaran metakognitif untuk meningkatkan respon siswa dalam pembelajaran matematika ptk pada siswa kelas vii semester i smp negeri 1 karangmalang sragen
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/7184/
work_keys_str_mv AT sukardihandayani pembelajaranmetakognitifuntukmeningkatkanresponsiswadalampembelajaranmatematikaptkpadasiswakelasviisemesterismpnegeri1karangmalangsragen