MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU (TKIT) ASSALAM JETIS AMBARAWA

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi empirik mengenai manajemen penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (PAUD) Taman Kanak- Kanak Islam Terpadu (TKIT). Selain itu, tujuan lainnya adalah mendeskripsikan komponen-komponen yang mempengaruhi manajemen penyelenggaraan PAUD di...

Olles dieđut

Furkejuvvon:
Bibliográfalaš dieđut
Váldodahkki: MUKHAROMAH , ALFI ROKHANA
Materiálatiipa: Oahppočájánas
Giella:English
English
Almmustuhtton: 2006
Fáttát:
Liŋkkat:https://eprints.ums.ac.id/6852/
Fáddágilkorat: Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
Govvádus
Čoahkkáigeassu:Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi empirik mengenai manajemen penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (PAUD) Taman Kanak- Kanak Islam Terpadu (TKIT). Selain itu, tujuan lainnya adalah mendeskripsikan komponen-komponen yang mempengaruhi manajemen penyelenggaraan PAUD di TKIT Assalam Jetis Ambarawa. Penelitian ini bersifat kualitatif dan dilakukan terhadap penerapan manajemen PAUD TKIT Assalam di Jetis Kecamatan Ambarawa. Subyek penelitian adalah pengelola sekolah (pengurus yayasan, kepala sekolah, para guru, staf administrasi) dan orang tua/wali murid TKIT Assalam Jetis Ambarawa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk analisanya menggunakan model analisis interaktif yang mengikuti langkah Miles dan Huberman (1992), yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah; menyangkut manajemen PAUD TKIT Assalam Jetis Ambarawa ditemukan bahwa TKIT Assalam Jetis Ambarawa telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen. Dalam penyelenggaraan PAUD di TKIT Assalam ditemukan 6 (enam) komponen yang mempengaruhinya, yaitu: kesiswaan, personalia, kurikulum, sarana dan prasarana, keuangan, serta hubungan kemasyarakatan.