KONTRIBUSI KOMPETENSI MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI 13 PURWOREJO

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) kontribusi komptensi, motivasi dan kedisiplinan terhadap kinerja guru di SMP Negeri 13 Purworejo, Populasi penelitian ini adalahj seluruh guru SMP Negeri 13 Purworejo. Sampel dalam penelitian ini menggunakan penelitian sensus karena semua populas...

وصف كامل

محفوظ في:
التفاصيل البيبلوغرافية
المؤلف الرئيسي: Hamid, Nur
التنسيق: أطروحة
اللغة:English
English
منشور في: 2006
الموضوعات:
الوصول للمادة أونلاين:https://eprints.ums.ac.id/6836/
الوسوم: إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
الوصف
الملخص:Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) kontribusi komptensi, motivasi dan kedisiplinan terhadap kinerja guru di SMP Negeri 13 Purworejo, Populasi penelitian ini adalahj seluruh guru SMP Negeri 13 Purworejo. Sampel dalam penelitian ini menggunakan penelitian sensus karena semua populasi diambil sebagai sample. Penyusunan instrument dibuat dalam bentuk kuesioner yang mengacu pada model skala Likert. Isi instrument disusun berlandaskan teori maupun informasi yang relevan dengan masalah penelitian. Instrument penelitian terdiri dari empat macam yang berfungsi untuk mengungkap variabel kompetensi, motivasi, kedisiplinan, dan kinerja guru. Masing-masing instrument tersebut diujicobakan dan memenuhi syarat keandalan Cronbach Alpha, dengan koefisien realibilitas berturut-turut sebesar 0,708; 0,839; 0,839; dan 0,835. Butir instrument yang dipakai untuk mengumpulkan data ialah yang memenuhi syarat analisis konstruk dan berstatus sahih. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data penelitian adalah analisis deskriptif, korelasi parsial, dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan, pertama, kompetensi, motivasi, kedisplinan, secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja guru (R= 0.834 dan R2 = 0.695) dengan kontribusi sebesar 69.5 %, kedua, kompetensi berkontribusi secara siginifikans terhadap kinerja guru (R= 0.662 dan R2 = 0.438) dengan kontribusi sebesar 43,8 %, ketiga, , motivasi berkontribusi secara siginifikans terhadap kinerja guru ( R= 0.722 dan R2 =0.52.1) dengan kontribusi sebesar 52,1 %, keempat, , kedisiplinan berkontribusi secara siginifikans terhadap kinerja guru (R=0.619 R2 = 0.383 ) dengan kontribusi sebesar 38,3 %, Tingkatan besarnya peran ketiga variabel bebas mulai dari yang terbesar hingga yang terkecil terhadap kinerja guru, yaitu: pertama kompetensi, (X1); kedua, motivasi (X2); dan ketiga, kedisiplinan (X3) dengan persamaan sebagai berikut: Y= 0,541 + 0,518X1 + 0,325X2 + 0,275X3. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dari ketiga variabel tersebut, variabel kompetensi merupakan variabel yang perlu mendapatkan perhatian secara lebih khusus guna mempertahankan atau meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 13 Purworejo