IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 3 BOYOLALI KABUPATEN BOYOLALI
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui konteks, input, proses, output dan outcome dalam impelementasi MPMBS di SMA Negeri 3 Boyolali. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah dan guru SMA Negeri 3 Boyolali,. Teknik...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English |
出版: |
2005
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/6743/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Tujuan penelitian ini adalah mengetahui konteks, input, proses, output dan
outcome dalam impelementasi MPMBS di SMA Negeri 3 Boyolali.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif.
Sumber data penelitian adalah kepala sekolah dan guru SMA Negeri 3 Boyolali,.
Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara, dokumentasi
dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis interaktif.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian bahwa : ditinjau dari konteks
lingkungan sekolah yang mencakup kondisi geografis, kondisi iklim organisasi
dan pergaulan, kondisi alam sekitar serta dukungan atau partisipasi masyarakat
yang cukup kondusif dalam mendukung implementasi MPMBS. Input sekolah di
SMA Negeri 3 Boyolali dalam menunjang MPMBS sudah cukup baik yang
dengan kondisi sosial warga sekitar pada umumnya sudah bebas dari tiga buta
serta kondisi ekonomi yang cukup baik. SMA Negeri 3 Boyolali setiap awal tahun
pelajaran senantiasa merumuskan visi, misi dan tujuan sekolah dan untuk
selanjutnya mensosialisasikan kepada warga masyarakat. Selain itu kualitas intake
siswa yang masuk juga cukup baik. Proses sekolah pada SMA Negeri 3 Boyolali
terlaksana dengan baik, terutama dalam kegiatan belajar mengajar maupun proses
pengambilan keputusan yang melibatkan komite sekolah. Output sekolah yang
dalam hal ini dapat diketahui dari prestasi akademik baik berupa nilai NEM dan
nilai rapor. Prestasi akademik siswa SMA Negeri 3 Boyolali cukup baik dan
mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, namun dari prestasi non akademik
memang belum menunjukkan hasil yang baik. Indikator keberhasilan MPMBS di
SMA Negeri 3 Boyolali dapat ditinjau dari upaya melibatkan semua stakeholder
dalam kegiatan sekolah tidak terbatas pada pengambilan keputusan yang
berkaitan dengan pendanaan, tetapi juga mengenalkan masyarakat secara intensif
akan program-program yang dilaksanakan pihak sekolah, pengambilan keputusan
partisipatif serta tingginya prestasi akademik dan non akademik yang berhasil
dicapai siswa. |
---|