PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA VIII SMP NEGERI 2 BANYUDONO

Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika. 2) Untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika. 3) Untuk mengetahui interaksi antara fasilitas belajar dan tingkat pendidikan or...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: Sumarno, Garnis Zulaekha
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13809/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika. 2) Untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika. 3) Untuk mengetahui interaksi antara fasilitas belajar dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas Siswa VIII SMP Negeri 2 Banyudono berjumlah 205 siswa, sedangkan sampel 136 siswa, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah tehnik propotional random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan. Hasil penelitian menggunakan α = 5% menunjukkan 1) ”Ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung > Ftabel sebesar 12,635 > 3,914 dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,001 < 0,05. 2) “Ada pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung > Ftabel sebesar 3,280 > 3,066 dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,041 < 0,05.3) “Ada interaksi antara fasilitas belajar dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi elajar matematika” tidak dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung < Ftabel sebesar 1,230 < 3,066 dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,296 > 0,05.