EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN CONCEPT MAPPING ( PETA KONSEP ) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA DI SMP NEGERI I PARANGGUPITO

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang: (1) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Concept Mapping (peta konsep) terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara mo...

وصف كامل

محفوظ في:
التفاصيل البيبلوغرافية
المؤلف الرئيسي: Nugraheni,, Yulia
التنسيق: أطروحة
اللغة:English
English
English
English
English
English
English
English
منشور في: 2011
الموضوعات:
الوصول للمادة أونلاين:https://eprints.ums.ac.id/13805/
الوسوم: إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
الوصف
الملخص:Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang: (1) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Concept Mapping (peta konsep) terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dan Concept Mapping (peta konsep) ditinjau dari kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N I Paranggupito yang berjumlah 88 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 59 siswa yang terdiri dari 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji Scheffe. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan Concept Mapping (peta konsep) terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini dapat didasarkan dari analisis data diperoleh FA= 7,779, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini didasarkan dari analisis data diperoleh FB = 6,623, (3) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran ditinjau dari kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini didasarkan dari analisis data diperoleh FAB = 1,091. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar ditinjau dari model pembelajaran dan kemampuan awal siswa, sedangkan interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal tidak memberikan dampak yang berarti pada prestasi belajar khususnya dalam pokok bahasan segiempat.