KONTRIBUSI MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2007
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi antara mata kuliah kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007. 2) Untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi antara interaks...
محفوظ في:
المؤلف الرئيسي: | |
---|---|
التنسيق: | أطروحة |
اللغة: | English English English English English English English English |
منشور في: |
2011
|
الموضوعات: | |
الوصول للمادة أونلاين: | https://eprints.ums.ac.id/13798/ |
الوسوم: |
إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
|
الملخص: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui ada
tidaknya kontribusi antara mata kuliah kewirausahaan terhadap minat
berwirausaha pada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Muhammadiyah
Surakarta angkatan 2007. 2) Untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi antara
interaksi sosial terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan
akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007. 3) Untuk
mengetahui ada tidaknya kontribusi secara bersama-sama antara mata kuliah
kewirausahaan dan interaksi sosial terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa
pendidikan akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini mengambil
lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2007.
Sampel yang diambil sebanyak 118 mahasiswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji
hipotesis adalah analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F, selain itu
dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Mata kuliah kewirausahaan
berkontribusi positif terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan
akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007. Berdasarkan uji t
diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,927 > 2,271 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu
0,000. 2) Interaksi sosial berkontribusi positif terhadap minat berwirausaha pada
mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan
2007. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 6,266 > 2,271 dan nilai
signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Mata kuliah kewirausahaan dan interaksi sosial
berkontribusi positif terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan
akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007. Berdasarkan
hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu
38,631 > 3.075 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel mata kuliah
kewirausahaan memberikan sumbangan efektif 13,2%. Variabel interaksi sosial
memberikan sumbangan efektif 27%. Dengan membandingkan nilai sumbangan
efektif nampak bahwa variabel interaksi sosial memiliki kontribusi yang lebih
dominan terhadap minat berwirausaha dibandingkan variabel mata kuliah
kewirausahaan. |
---|