PERAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN EMOSI ANAK TK TARBIYATUL ATHFAL DI BAKALAN SUSUKAN SEMARANG
Tujuan penelitian ini adalah : 1) yaitu mengendalikan kondisi emosi anak TK Tarbiyatul Athfal; 2) Mengidentifikasi peranan orang tua dalam perkembangan emosi anak TK Tarbiyatul Athfal. Penelitian ini menggunakan penelitian diskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di TK Tarbiyatul Athfa...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/13781/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Tujuan penelitian ini adalah : 1) yaitu mengendalikan kondisi emosi anak
TK Tarbiyatul Athfal; 2) Mengidentifikasi peranan orang tua dalam
perkembangan emosi anak TK Tarbiyatul Athfal.
Penelitian ini menggunakan penelitian diskriptif kualitatif. Lokasi
penelitian dilakukan di TK Tarbiyatul Athfal Bakalan Susukan Kabupaten
Semarang. Subyek penelitian ini adalah anak-anak dan obyek penelitian adalah
emosi anak. Metode dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara,
metode pengamatan atau observasi, dan metode dokumentasi. Pada penelitian ini
analisis data dilakukan dengan metode alur ya itu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa: 1) kondisi emosi anak TK
Tarbiyatul Athfal. Kondisi perkembangan emosi anak ditemukan terdapat
beberapa kemampuan anak membantu teman dalam bermain, hal tersebut masih
sulit dilakukan sebagian anak setelah membantu teman bermain yang
membutuhkan pertolongan. Memelihara peran dalam bermain. Kondisi emosi
sebagian anak ada yang mampu untuk tidak memaksa kehendak pada orang lain
dan membantu teman bermain yang membutuhkan pertolongan berkembang
cukup lancar. Dalam membantu teman bermain merupakan kondisi yang masih
sulit dilakukan sebagian anak setelah kondisi anak dalam membantu teman
bermain yang membutuhkan pertolongan. Kemudian egosentris yang masih
mendominasi, sering menunjukkan perilaku memaksa kehendak kepada orang lain
sehingga mendorong munculnya konflik dengan teman sebayanya. 2) Peranan
orang tua dalam perkembangan emosi anak TK Tarbiyatul Athfal. Berdasarkan
hasil penelitian, kondisi perkembangan emosi anak TK Tarbiyatul Athfal tidak
mengalami kendala yang berarti. Artinya, perkembangan emosi anak TK
Tarbiyatul Athfal berjalan dengan normal. Sikap kenakalan siswa dalam kegiatan
belajar mengajar di TK Tarbiyatul Athfal secara umum tidak berlebihan. Sehingga
tidak ada indikasi perkembangan emosi yang hiperaktif. Peranan orang tua dalam
perkembangan emosi anak TK Tarbiyatul Athfal sangat besar, karena adanya
hubungan kedekatan antara orang tua dengan anak, kesempatan untuk
memberikan pelajaran terhadap perkembangan emosi anak dan terakhir peran
orang tua dalam menjalin hubungan untuk pendidikan anak. |
---|