ANALISIS KINERJA DAN BOK ANGKUTAN UMUM PENUMPANG (STUDI KASUS BUS KOTA SURAKARTA JALUR I DAN J)
Bus sebagai sarana transportasi untuk menunjang kebutuhan masyarakat yang keberadaannya memerlukan penanganan secara baik dan benar. Pelayanan dan penetapan tarif yang tepat sangat diperlukan dalam penyelenggaraan angkutan umum, agar tidak menimbulkan masalah bagi masyarakat. Penelitian ini...
Kaydedildi:
Yazar: | |
---|---|
Materyal Türü: | Tez |
Dil: | English English English English English English English English English |
Baskı/Yayın Bilgisi: |
2007
|
Konular: | |
Online Erişim: | https://eprints.ums.ac.id/13777/ |
Etiketler: |
Etiketle
Etiket eklenmemiş, İlk siz ekleyin!
|
Özet: | Bus sebagai sarana transportasi untuk menunjang kebutuhan masyarakat yang
keberadaannya memerlukan penanganan secara baik dan benar. Pelayanan dan
penetapan tarif yang tepat sangat diperlukan dalam penyelenggaraan angkutan umum,
agar tidak menimbulkan masalah bagi masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk
mengevaluasi kinerja bus jurusan Kartasura – Palur dan Kartasura – Sukoharjo,
khususnya PO Nusa dan PO Wahyu Putro ditinjau dari tingkat pelayanan dan aspek
finansial, antara lain kecepatan, waktu sirkulasi, faktor beban (load factor), avaibility,
waktu antara (time headway), BOK dan tarif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survai untuk
mendapatkan data primer dan sekunder, yang dilaksanakan pada hari Rabu 1 Februari
2006 dan 4 Februari 2006. Data primer yang diperoleh adalah jumlah penumpang
naik turun, waktu tempuh, jarak tempuh, waktu berhenti di terminal, jam berangkat
dan jam tiba serta tarif di lapangan Sedangkan data sekunder yang diperoleh adalah
rute bus dan jadual pemberangkatan bus, harga satuan komponen Biaya Operasional
Kendaran serta tarif dari perusahaan
Hasil analisa menunjukkan bahwa kinerja bus jurusa Kertasura – Palur Via
Gumpang oleh PO Nusa dan Kertasura – Sukoharjo Via Jl. Slamet Riyadi oleh PO
Wahyu Putro sudah baik apabila ditinjau dari kecepatan rata-rata untuk bus masing-
masing 23,519 km/jam dan 28,474 km/jam, waktu sikulasi PO Nusa sesuai
perhitungan sebesar 122,17 menit dan 126,94 menit sedangkan PO Wahyu Putro
sebesar 129,74 menit dan 259,51 menit, load factor PO Nusa sebesar 68 % dan PO
Wahyu Putro 56 % , avaibility atau tingkat ketersediaan kendaraan PO Nusa sebesar
90,47 % dan PO Wahyu Putro sebesar 86,66 %, time headway PO. Nusa sebesar 6,58
menit dan PO. Wahyu Putro sebesar 9,62 menit, BOK untuk PO. Nusa sebesar Rp
1.662,16/km dan PO. Wahyu Putro sebesar Rp 1.964,55/km, tarif penumpang di
lapangan untuk PO. Nusa Sebesar Rp. 2000,00 dan untuk PO. Wahyu Putro sebesar
Rp. 4000,00, tarif sesuai BOK untuk PO. Nusa sebesar Rp. 2.150,81 dan PO. Wahyu
Putro sebesar Rp. 3.565,89 kedua PO sudah layak apabila ditinjau dari aspek
finansial perusahaan.
|
---|