ANALISIS KINERJA DAN BOK ANGKUTAN UMUM PENUMPANG (STUDI KASUS BUS KOTA SURAKARTA JALUR I DAN J)

Bus sebagai sarana transportasi untuk menunjang kebutuhan masyarakat yang keberadaannya memerlukan penanganan secara baik dan benar. Pelayanan dan penetapan tarif yang tepat sangat diperlukan dalam penyelenggaraan angkutan umum, agar tidak menimbulkan masalah bagi masyarakat. Penelitian ini...

תיאור מלא

שמור ב:
מידע ביבליוגרפי
מחבר ראשי: SULISTIYO, ADI
פורמט: Thesis
שפה:English
English
English
English
English
English
English
English
English
יצא לאור: 2007
נושאים:
גישה מקוונת:https://eprints.ums.ac.id/13777/
תגים: הוספת תג
אין תגיות, היה/י הראשונ/ה לתייג את הרשומה!
תיאור
סיכום:Bus sebagai sarana transportasi untuk menunjang kebutuhan masyarakat yang keberadaannya memerlukan penanganan secara baik dan benar. Pelayanan dan penetapan tarif yang tepat sangat diperlukan dalam penyelenggaraan angkutan umum, agar tidak menimbulkan masalah bagi masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kinerja bus jurusan Kartasura – Palur dan Kartasura – Sukoharjo, khususnya PO Nusa dan PO Wahyu Putro ditinjau dari tingkat pelayanan dan aspek finansial, antara lain kecepatan, waktu sirkulasi, faktor beban (load factor), avaibility, waktu antara (time headway), BOK dan tarif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survai untuk mendapatkan data primer dan sekunder, yang dilaksanakan pada hari Rabu 1 Februari 2006 dan 4 Februari 2006. Data primer yang diperoleh adalah jumlah penumpang naik turun, waktu tempuh, jarak tempuh, waktu berhenti di terminal, jam berangkat dan jam tiba serta tarif di lapangan Sedangkan data sekunder yang diperoleh adalah rute bus dan jadual pemberangkatan bus, harga satuan komponen Biaya Operasional Kendaran serta tarif dari perusahaan Hasil analisa menunjukkan bahwa kinerja bus jurusa Kertasura – Palur Via Gumpang oleh PO Nusa dan Kertasura – Sukoharjo Via Jl. Slamet Riyadi oleh PO Wahyu Putro sudah baik apabila ditinjau dari kecepatan rata-rata untuk bus masing- masing 23,519 km/jam dan 28,474 km/jam, waktu sikulasi PO Nusa sesuai perhitungan sebesar 122,17 menit dan 126,94 menit sedangkan PO Wahyu Putro sebesar 129,74 menit dan 259,51 menit, load factor PO Nusa sebesar 68 % dan PO Wahyu Putro 56 % , avaibility atau tingkat ketersediaan kendaraan PO Nusa sebesar 90,47 % dan PO Wahyu Putro sebesar 86,66 %, time headway PO. Nusa sebesar 6,58 menit dan PO. Wahyu Putro sebesar 9,62 menit, BOK untuk PO. Nusa sebesar Rp 1.662,16/km dan PO. Wahyu Putro sebesar Rp 1.964,55/km, tarif penumpang di lapangan untuk PO. Nusa Sebesar Rp. 2000,00 dan untuk PO. Wahyu Putro sebesar Rp. 4000,00, tarif sesuai BOK untuk PO. Nusa sebesar Rp. 2.150,81 dan PO. Wahyu Putro sebesar Rp. 3.565,89 kedua PO sudah layak apabila ditinjau dari aspek finansial perusahaan.