ANALISIS PENATAAN DAN KOORDINASI LAMPU LALU LINTAS SERTA PENGARUHNYA TERHADAP NILAI EKONOMIS (Studi Kasus : Ruas Jalan Botol Palur-Pedaringan)

Ruas jalan Botol Raya – Pedaringan Solo terdiri dari beberapa persimpangan bersinyal dengan jarak berdekatan. Apabila tidak dilakukan pengaturan yang efektif dan efisien pada lampu lalu lintas yang ada dapat menyebabkan kemacetan berkepanjangan. Kemacetan akan memberikan dampak negatif a...

Descrición completa

Gardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor Principal: RISTONO, BAMBANG
Formato: Thesis
Idioma:English
English
English
English
English
English
English
English
English
Publicado: 2007
Subjects:
Acceso en liña:https://eprints.ums.ac.id/13776/
Tags: Engadir etiqueta
Sen Etiquetas, Sexa o primeiro en etiquetar este rexistro!
Descripción
Summary:Ruas jalan Botol Raya – Pedaringan Solo terdiri dari beberapa persimpangan bersinyal dengan jarak berdekatan. Apabila tidak dilakukan pengaturan yang efektif dan efisien pada lampu lalu lintas yang ada dapat menyebabkan kemacetan berkepanjangan. Kemacetan akan memberikan dampak negatif antara lain adalah borosnya pengeluaran bahan bakar. Pengaturan sinyal yang efektif dan efisien seperti pengkoordinasian beberapa persinyalan yang berdekatan yang ditentukan akan tepat mendapat lampu hijau pada setiap persimpangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kondisi tingkat layanan persimpangan yang ada pada ruas jalan Botol Palur – Pedaringan Solo dapat menunjang pengkoordinasian sinyal, serta besarnya bahan bakar yang harus dikeluarkan apabila telah di dapat kondisi pengkoordinasian sinyal. Metode penelitian yang digunakan dalam pengambilan data adalah observasi dan pencatatan secara langsung sesuai kondisi lapangan, sedangkan sebagai dasar penyelesaian analisis data dan digunakan rumusan yang terdapat pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Berdasar analisis data dapat disimpulkan bahwa persimpangan bersinyal sepanjang ruas jalan Botol Palur – Pedaringan Solo mempunyai nilai tingkat pelayanan simpang C, D dan E.