PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TUNGGULSARI 2 SURAKARTA Tahun Pelajaran 2010 / 2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui Strategi everyone is a teacher here. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri...

תיאור מלא

שמור ב:
מידע ביבליוגרפי
מחבר ראשי: UTAMI, PRADNYANINGTYAS DWI
פורמט: Thesis
שפה:English
English
English
English
English
English
English
English
יצא לאור: 2011
נושאים:
גישה מקוונת:https://eprints.ums.ac.id/13767/
תגים: הוספת תג
אין תגיות, היה/י הראשונ/ה לתייג את הרשומה!
תיאור
סיכום:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui Strategi everyone is a teacher here. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari 2 Surakarta yang berjumlah 11 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar dan berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan makanan dan kesehatan. Hal ini dapat dilihat dari 1) kesiapan mengikuti pelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 18,18%, pada putaran I sebesar 45,45%, pada putaran II sebesar 81,81%, di akhir putaran mencapai 90,90 %, 2) menjawab pertanyaan di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 27,27 %, pada putaran I sebesar 36,36 %, pada putaran II sebesar 72,72 %, di akhir putaran mencapai 100 %, serta 3) mengungkapkan ide sebelum diadakan tindakan sebesar 36,36 %, pada putaran I sebesar 45,45 %, pada putaran II sebesar 54,54%, di akhir putaran mencapai 81,81 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai daya serap 27,27 %, pada putaran I mencapai daya serap 45,45 %, pada putaran II mencapai daya serap 72,72% sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 100 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran everyone is a teacher here dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.