STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEKSTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DENGAN METODE BELAJAR TUNTAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN PENGKOK I KEDAWUNG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/ 2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Pengkok I yang menggunakan metode Contekstual Teaching Learning (CTL) dan metode Belajar Tuntas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitati. Populasi penelitian 42 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas. 21...

Volledige beschrijving

Bewaard in:
Bibliografische gegevens
Hoofdauteur: ANGGRAENI, VIANA TETI
Formaat: Thesis
Taal:English
English
English
English
English
English
English
English
Gepubliceerd in: 2011
Onderwerpen:
Online toegang:https://eprints.ums.ac.id/13762/
Tags: Voeg label toe
Geen labels, Wees de eerste die dit record labelt!
Omschrijving
Samenvatting:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Pengkok I yang menggunakan metode Contekstual Teaching Learning (CTL) dan metode Belajar Tuntas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitati. Populasi penelitian 42 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas. 21 siswa kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan 21 siswa kelas IV B sebagai kelompok kontrol. Setelah itu dilakukan uji keseimbangan dengan uji T dengan taraf signifikansi 5% dari perhitungan uji keseimbangan diperoleh hasil thitung = 1,571 < ttabel = 1,683 maka Ho tidak ditolak (diterima) sehingga dapat disimpulkan bahwa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum eksperimen dalam keadaan seimbang. Pengumpulan datanya menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas (Lilliefors) dan uji homogenitas (Bartlett), kemudian dilakukan uji hipoteis dengan rumus t_tes dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung = 6,289 > ttabel = 1,684 maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Contekstual Teaching Learning (CTL) dan metode Belajar Tuntas. Dari nilai ratarata post test kelompok eksperimen 89,52 dan Sd= 9,61 dan nilai post test kelompok kontrol diperoleh rata-ratanya 73,57 dan Sd= 6,55, maka hasil belajar IPA siswa kelas IV menggunakan Metode Contekstual Teaching Learning (CTL) lebih baik dibandingkan dengan metode Belajar Tuntas.