UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MATERI KELILING DAN LUAS PADA KELAS IV DI SD N KRAJAN I WERU SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan penerapan model kooperatif NHT. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas) Penelitian ini dilaksanakan di SD N Krajan I Weru. Subyek penelitian ini adalah siswa IV SD N Krajan I yang berjumlah 16 sis...
সংরক্ষণ করুন:
প্রধান লেখক: | |
---|---|
বিন্যাস: | গবেষণাপত্র |
ভাষা: | English English English English English English English English |
প্রকাশিত: |
2011
|
বিষয়গুলি: | |
অনলাইন ব্যবহার করুন: | https://eprints.ums.ac.id/13760/ |
ট্যাগগুলো: |
ট্যাগ যুক্ত করুন
কোনো ট্যাগ নেই, প্রথমজন হিসাবে ট্যাগ করুন!
|
সংক্ষিপ্ত: | Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan penerapan model kooperatif NHT. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas) Penelitian ini dilaksanakan di SD N Krajan I Weru.
Subyek penelitian ini adalah siswa IV SD N Krajan I yang berjumlah 16 siswa. Tenik analisis data dilakukan dengan analisis intratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refeksi.
Hasil belajar matematika pada tes awal sebelum siklus diperoleh rata-rata 59,69 dengan ketuntasan belajar yang diperoleh 43,75%, pada siklus I rata-rata yang diperoleh 63,16 dengan ketuntasan belajar klasikal 56,25%. dan Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata 69,69 dengan ketuntasan belajar klasikal 68,75%. Pada siklus III hasil belajar juga meningkat dengan nilai
rata-rata 76,25 dengan ketuntasan belajar klasikal 87,5%. Dengan penerapan strategi pembelajaran Nambered Heads Together dalam pembelajaran matematika dengan materi keliling dan luas dapat meningkatkan hasil belajar siswa. |
---|