UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Konstruktivisme pada siswa kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru ke...

Cijeli opis

Spremljeno u:
Bibliografski detalji
Glavni autor: OKTARIA, MAYA
Format: Disertacija
Jezik:English
English
English
English
English
English
English
English
Izdano: 2011
Teme:
Online pristup:https://eprints.ums.ac.id/13758/
Oznake: Dodaj oznaku
Bez oznaka, Budi prvi tko označuje ovaj zapis!
Opis
Sažetak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Konstruktivisme pada siswa kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta yang berjumlah 43 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang masing-masing siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian, yaitu: “melalui pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas bangun datar melalui metode pembelajaran kooperatif model konstruktivisme pada kelas V SD N Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011”. Dibuktikan dengan hasil belajar Matematika yang meningkat, dari hasil perbaikan pembelajaran pada Siklus I 20,94% yang tuntas belajar meningkat menjadi 88,74% pada siklus II dan pada siklus III ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 100%, KKM 60. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Pajang III Tahun Pelajaran 2010/2011.