PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PETA KONSEP DALAM UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas IV Semester Genap di SD N Wirogunan 01)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Wirogunan 01 dengan menggunakan strategi pembelajaran peta konsep. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas IV SD Negeri Wirogunan 01 sebagai subyek perencanaan tindakan, kepala sekolah seb...

Celý popis

Uloženo v:
Podrobná bibliografie
Hlavní autor: HIDAYATI, LILIS NUR
Médium: Diplomová práce
Jazyk:English
English
English
English
English
English
English
English
Vydáno: 2011
Témata:
On-line přístup:https://eprints.ums.ac.id/13752/
Tagy: Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
Popis
Shrnutí:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Wirogunan 01 dengan menggunakan strategi pembelajaran peta konsep. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas IV SD Negeri Wirogunan 01 sebagai subyek perencanaan tindakan, kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, sedangkan siswa kelas IV SD Negeri Wirogunan 01 yang berjumlah 25 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Hasil penelitian menyimpulkan 1.) adanya peningkatan kreativitas belajar matematika siswa yang meliputi aspek-aspek: a) menemukan cara lain dalam menyelesaikan masalah sebelum tindakan 32% dan di akhir tindakan 80%, b) mempunyai ide dalam menyelesaikan masalah sebelum tindakan 40% dan di akhir tindakan 72%, c) mengemukakan ide atau pendapat dengan jelas sebelum tindakan 48% dan di akhir tindakan 84%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa sehingga mengakibatkan meningkatnya prestasi belajar.