PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI POKOK MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KIDUL BETENG SURAKARTA (Tahun Ajaran 2010 / 2011)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa indonesia materi pokok menulis karangan narasi melalui metode Lightening The Learning Climate pada siswa kelas V SD Negeri Kidul Beteng Tahun Ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah w...

Description complète

Enregistré dans:
Détails bibliographiques
Auteur principal: NOFIYANTO, DODIK
Format: Thèse
Langue:English
English
English
English
English
English
English
English
Publié: 2011
Sujets:
Accès en ligne:https://eprints.ums.ac.id/13747/
Tags: Ajouter un tag
Pas de tags, Soyez le premier à ajouter un tag!
Description
Résumé:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa indonesia materi pokok menulis karangan narasi melalui metode Lightening The Learning Climate pada siswa kelas V SD Negeri Kidul Beteng Tahun Ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan teknik tes. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada siswa. Hal tersebut dapat diketahui dari nilai pada pra siklus yang hanya 58,82%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 88,23%, dan pada siklus II 94,11%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan metode Lightening The Learning Climate dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia.