PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PENDEKATAN PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY DAN KINESTETIC (VAK) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI III PONDOK NGADIROJO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan melalui pendekatan pembelajaran Visualization, Auditory dan Kinestetic (VAK). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang...

Description complète

Enregistré dans:
Détails bibliographiques
Auteur principal: FATHONI, IRFAN SYAIFUL
Format: Thèse
Langue:English
English
English
English
English
English
English
English
Publié: 2011
Sujets:
Accès en ligne:https://eprints.ums.ac.id/13744/
Tags: Ajouter un tag
Pas de tags, Soyez le premier à ajouter un tag!
Description
Résumé:Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan melalui pendekatan pembelajaran Visualization, Auditory dan Kinestetic (VAK). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri III Pondok Ngadirojo Wonogiri yang berjumlah 16 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah ada peningkatan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar matematika materi pecahan meliputi: 1) sebelum tindakan yang mendapat nilai ≥ 60 adalah 43,75% (7 siswa), 2) siklus I yang mendapatkan nilai ≥ 60 adalah 56,25% (9 siswa), 3) siklus II yang mendapatkan nilai ≥ 60 adalah 75% (12 siswa), 4) siklus III yang mendapatkan nilai ≥ 60 adalah 93,75% (15 siswa). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui model pendekatan pembelajaran Visualization, Auditory dan Kinestetic (VAK) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas V SD Negeri III Pondok Ngadirojo Wonogiri.