PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PENDEKATAN PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY DAN KINESTETIC (VAK) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI III PONDOK NGADIROJO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan melalui pendekatan pembelajaran Visualization, Auditory dan Kinestetic (VAK). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang...

Descripción completa

Guardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor principal: FATHONI, IRFAN SYAIFUL
Formato: Tesis
Lenguaje:English
English
English
English
English
English
English
English
Publicado: 2011
Materias:
Acceso en línea:https://eprints.ums.ac.id/13744/
Etiquetas: Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
Descripción
Sumario:Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan melalui pendekatan pembelajaran Visualization, Auditory dan Kinestetic (VAK). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri III Pondok Ngadirojo Wonogiri yang berjumlah 16 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah ada peningkatan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar matematika materi pecahan meliputi: 1) sebelum tindakan yang mendapat nilai ≥ 60 adalah 43,75% (7 siswa), 2) siklus I yang mendapatkan nilai ≥ 60 adalah 56,25% (9 siswa), 3) siklus II yang mendapatkan nilai ≥ 60 adalah 75% (12 siswa), 4) siklus III yang mendapatkan nilai ≥ 60 adalah 93,75% (15 siswa). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui model pendekatan pembelajaran Visualization, Auditory dan Kinestetic (VAK) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas V SD Negeri III Pondok Ngadirojo Wonogiri.