PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERMEDIAKAN KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN (PTK Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERMEDIAKAN KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN (PTK Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) Toto Suwanda,...
محفوظ في:
المؤلف الرئيسي: | |
---|---|
التنسيق: | أطروحة |
اللغة: | English English English English English English English English |
منشور في: |
2011
|
الموضوعات: | |
الوصول للمادة أونلاين: | https://eprints.ums.ac.id/13729/ |
الوسوم: |
إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
|
الملخص: | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED
READING AND COMPOSITION (CIRC) BERMEDIAKAN KARTU SOAL
UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL
CERITA MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN
(PTK Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
Toto Suwanda, A 410 060 093, Program Studi Pendidikan Matematika,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Muhammadiyah Surakarta,
2011, 75 Halaman
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal
cerita matematika siswa pada materi pecahan dengan menggunakan Metode
cooperative integrated reading and composition (CIRC) dengan Media kartu soal.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara
peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah
sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek
penelitian yang dikenai tindakan adalah Siswa Kelas VII SMP Al-Islam Surakarta
yang berjumlah 37 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes,
catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif
dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
kemampuan menyelesaikan sola cerita matematika siswa dalam pembelajaran
matematika. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa
dalam: 1) kemampuan siswa dalam memahami apa yang diketahui meningkat dari
15 siswa (40,54%) menjadi 27 siswa (72,97%), 2) kemampuan siswa dalam
memahami apa yang ditanyakan meningkat dari 16 siswa (43,24%) menjadi 27
siswa (72,97%), 3) kemampuan siswa dalam menjawab soal cerita matematika
dengan benar dan tepat meningkat dari 13 siswa (35,13%) menjadi 25 siswa
(67,56%). Kesimpulan penelitian ini adalah Metode cooperative integrated
reading and composition (CIRC) dengan Media kartu soal dalam pembelajaran
matematika dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal
cerita matematika siswa.
|
---|