UPAYA PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG PERSEKUTUAN DUA LINGKARAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN LAPS HEURISTIC (PTK Kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit, Boyolali)

UPAYA PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG PERSEKUTUAN DUA LINGKARAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN LAPS HEURISTIC (PTK Kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit, Boyolali) Nur Cahya Setyaningsih, A410070112, Program Studi Pendidikan Matematika, F...

Полное описание

Сохранить в:
Библиографические подробности
Главный автор: SETYANINGSIH, NUR CAHYA
Формат: Диссертация
Язык:English
English
English
English
English
English
English
Опубликовано: 2011
Предметы:
Online-ссылка:https://eprints.ums.ac.id/13723/
Метки: Добавить метку
Нет меток, Требуется 1-ая метка записи!
Описание
Итог:UPAYA PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG PERSEKUTUAN DUA LINGKARAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN LAPS HEURISTIC (PTK Kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit, Boyolali) Nur Cahya Setyaningsih, A410070112, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 80 Halaman Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII-E SMP Negeri 3 Sawit pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011 setelah pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran Laps Heuristic. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII-E SMP Negeri 3 Sawit yang berjumlah 30 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan melalui dua macam triangulasi, yaitu triangulasi penyidik dan metode. Hasil penelitian ini: (1) terdapat peningkatan kepercayaan diri siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 3,33%, putaran I 16,67%, putaran II 33,33% dan di akhir tindakan 46,67%, b) mengemukakan ide/gagasan sebelum tindakan 6,67%, putaran I 23,33%, putaran II 36,67% dan di akhir tindakan 60%, c) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 6,67%, putaran I 20%, putaran II 40% dan di akhir tindakan 63,33%, d) menjawab pertanyaan/soal dari guru sebelum tindakan 16,67%, putaran I 40%, putaran II 60% dan di akhir tindakan 83,33%, dan (2) terdapat peningkatan prestasi belajar matematika siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 65 sebelum tindakan 40 %, putaran I 63,33 %, putaran II 86,67%, dan di akhir tindakan 93,33%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode pembelajaran Laps Heuristic dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dan prestasi belajar matematika siswa.