PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS POKOK MATERI KEGIATAN JUAL BELI MELALUI METODE SIMULASI PADA KELAS III SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 3 NUSUKAN, SURAKARTA TAHUN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar IPS pada pokok materi kegiatan jual beli menggunakan penerapan metode simulasi. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah 3 Nusukan, Surakart...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: NUGRAHA, SIGIT WAHYU
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
English
English
English
English
English
English
Được phát hành: 2011
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/13716/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar IPS pada pokok materi kegiatan jual beli menggunakan penerapan metode simulasi. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah 3 Nusukan, Surakarta yang berjumlah 47 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada pokok materi kegiatan jual beli. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan sebelum tindakan sebesar 40,42% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 57,45% pada siklus I, kemudian 72,34% pada siklus II dan 95,74% di siklus III dengan siswa sebanyak 47.Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil tes dengan KKM sebesar 70. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode simulasi pada mata pelajaran IPS dalam pokok materi kegiatan jual beli dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Muhammadiyah 3 Nusukan, Surakarta.