EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN VOLUME KUBUS SERTA BALOK ( Pada Kelas VIII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta )

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh penggunaan metode pembelajaran Conceptual Understanding Procedures dan Auditory Intellectualy Repetition terhadap prestasi belajar matematika, (2) mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh kemampuan awal siswa terhadap pres...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: HARYANTI, WAHYU IKA
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/13710/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh penggunaan metode pembelajaran Conceptual Understanding Procedures dan Auditory Intellectualy Repetition terhadap prestasi belajar matematika, (2) mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) menganalisis efek interaksi antara metode pembelajaran Conceptual Understanding Procedures dan Auditory Intellectualy Repetition ditinjau dari kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 1 Surakarta kelas VIII semester genap tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dua kelas yaitu siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan metode liliefor untuk uji normalitas dan metode bartlett untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran Conceptual Understanding Procedures dan Auditory Intellectualy Repetition terhadap prestasi belajar matematika, dengan FA = 6,776 (2) ada pengaruh yang signifikan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan FB = 12,154 (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran Conceptual Understanding Procedures dan Auditory Intellectualy Repetition ditinjau dari kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan FAB = 2,668.