STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN METODE INKUIRI DAN METODE CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI IPA PADA SISWA KELAS IV SD N KATEGUHAN I TAWANGSARI, SUKOHARJO 2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar ipa dengan menggunakan metode inkuiri dan metode ceramah. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah...

Ful tanımlama

Kaydedildi:
Detaylı Bibliyografya
Yazar: WAHYONO, JOKO
Materyal Türü: Tez
Dil:English
English
English
English
English
English
English
English
Baskı/Yayın Bilgisi: 2011
Konular:
Online Erişim:https://eprints.ums.ac.id/13696/
Etiketler: Etiketle
Etiket eklenmemiş, İlk siz ekleyin!
Diğer Bilgiler
Özet:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar ipa dengan menggunakan metode inkuiri dan metode ceramah. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kateguhan 01 tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 2 kelas yang berjumlah 60 siswa. Sampel diambil dari semua populasi dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara metode inkuiri dan metode ceramah pada siswa kelas IV SDN Kateguhan 01. Tawangsari tahun ajaran 2010/2011. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (2,05>1,67) diterima pada taraf signifikasnsi 5%. Hasil belajar IPA pada pembelajaran yang menggunakan metode inkuiri (8,38) lebih tinggi daripada hasil belajar menggunakan metode ceramah (7,60) atau terdapat selisih (0,78). Artinya pembelajaran dengan metode inkuiri lebih baik (lebih efektif) dalah meningkatkan hasil belajar IPA.