UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS IV C SD MUHAMMADIYAH 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini meliputi tujuan umum yaitu: 1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV C SD Muhammadiyah 16 Surakarta, 2) untuk melatih siswa dalam belajar berkelompok, mengemukakan pendapat dalam berdiskusi, dan mampu memecahakan soal, dan 3) untuk meningkatkan pemahaman si...

Description complète

Enregistré dans:
Détails bibliographiques
Auteur principal: RAHAYUNINGSIH, IKA
Format: Thèse
Langue:English
English
English
English
English
English
English
English
Publié: 2011
Sujets:
Accès en ligne:https://eprints.ums.ac.id/13691/
Tags: Ajouter un tag
Pas de tags, Soyez le premier à ajouter un tag!
Description
Résumé:Tujuan penelitian ini meliputi tujuan umum yaitu: 1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV C SD Muhammadiyah 16 Surakarta, 2) untuk melatih siswa dalam belajar berkelompok, mengemukakan pendapat dalam berdiskusi, dan mampu memecahakan soal, dan 3) untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi pelajaran IPS. Sedangkan tujuan khususnya yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui metode STAD pada siswa kelas IV C SD Muhammadiyah 16 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun langkah-langkah penelitian tindakan kelas meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV C SD Muhammadiyah 16 Surakarta dalam pembelajaran IPS melalui metode STAD (Student Teams Achievement Division). Dari siklus yang dilakukan dihasilkan peningkatan hasil belajar siswa yang cukup baik. Hal ini ditunjukkan pada penilaian kognitif yang dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan siswa disetiap siklus. Dalam siklus I mempunyai nilai hasil rata-rata kelas 6,39, siklus II 7,18 sedangkan siklus III adalah 8,02. Berdasarkan analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “ Penerapan metode STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV C SD Muhammadiyah 16 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 terbukti dan dapat diterima kebenarannya.